Jasa Digital Marketing Jakarta

Dapatkan jasa freelance untuk pengelolaan Facebook Ads dan Jasa Google Ads secara profesional. Tentukan target audience Anda dan kami akan menjangkau mereka dengan biaya yang efisien dan hasil yang lebih efektif.
Loading…

19 Jenis Kata Kunci untuk Optimasi Keywords SEO, SEM, Google Ads

Gunakan 19 Jenis Kata Kunci ini Untuk Optimasi Keywords SEO maupun SEM (termasuk Google Ads) dalam Digital Marketing

optimasi keywords optimization by funnel stage digital marketing jakarta com seo sem google ads
Optimasi keywords seo sem google ads berdasarkan sales marketing funnel / digital-marketing-jakarta.com


Strategi pencarian yang sukses dibangun dengan menargetkan jenis kata kunci yang tepat. Saat Anda mengidentifikasi peluang kata kunci terbaik, Anda dapat menghasilkan trafik website yang tinggi, leads atau prospek yang berkualitas, dan juga tentunya meningkatkan penjualan produk yang akan sangat menguntungkan bagi bisnis yang sedang dijalankan.


Untuk mengetahui jenis kata kunci yang paling sesuai untuk digunakan, Anda harus terlebih dahulu mengetahui semua kategori kata kunci yang ada. Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai sumber referensi untuk mengenali, membedakan, dan menggunakan berbagai jenis kata kunci atau keywords yang biasa digunakan baik untuk optimasi keywords SEO (Search Engine Optimization) dan juga optimasi keywords SEM (Search Engine Marketing).

Secara garis besar, 19 kata kunci tersebut dikelompokkan menjadi 5 kategori utama, yaitu:
  1. Targeting keywords
  2. Keywords by length
  3. On-site keywords
  4. Google ads keywords
  5. Buyer keywords
Bagan 1: Jenis Keywords berdasarkan 5 kategori utama
19 Jenis Kata Kunci Yang Harus Diketahui Setiap Pemasar Untuk Optimasi Keywords SEO maupun SEM dalam Digital Marketing termasuk Google Ads https://www.digital-marketing-jakarta.com/
19 Jenis Kata Kunci untuk Optimasi Keywords SEO maupun SEM dalam Digital Marketing termasuk Google Ads / Digital-Marketing-Jakarta.com



19 Jenis Kata Kunci atau keywords beserta contohnya

Berikut penjelasan dari masing-masing kategori keywords:

Targeting keywords

Targeting keywords atau kata kunci tertarget adalah frasa dan istilah yang terkait dengan industri, produk / penawaran, dan pelanggan Anda.

Jenis kata kunci yang termasuk dalam kategori targeting keywords adalah adalah:
  1. Market segment keywords
  2. Customer-defining keywords
  3. Product keywords
  4. Branded keywords
  5. Competitor keywords
  6. Geo-targeted keywords

Market segment keywords

Market segment keywords adalah kata kunci umum yang terkait dengan industri atau merek. Ini mengacu pada istilah yang digunakan oleh target pelanggan dalam melakukan aktivitas mencari informasi umum dalam pilihan produk vertikal. Istilah penelusuran (search terms) yang digunakan dapat terkait dengan industri secara umum maupun terkait dengan ceruk pasar yang lebih spesifik.

Contoh market segment keyword: sepatu lari (en: running shoes)


Customer-Defining Keywords

Customer-Defining Keywords adalah kata kunci yang menentukan pelanggan adalah frasa penelusuran yang mengidentifikasi sub-kelompok pelanggan atau audiens tertentu. Dalam penelusuran ini, pelanggan menggunakan kata atau frasa untuk mendefinisikan diri mereka sendiri.

Contoh Customer-Defining Keywords: sepatu lari untuk wanita


Product Keywords

Product Keywords adalah kata kunci produk adalah istilah yang terkait dengan penawaran merek tertentu. Jenis kata kunci ini adalah frasa yang secara langsung merujuk pada produk atau layanan perusahaan. Merek atau brand harus memiliki strategi kata kunci untuk setiap produk dan layanan mereka sehingga pelanggan dan prospek dapat menemukan penawaran mereka melalui hasil penelusuran yang relevan.

Contoh Product KeywordsNike Flex Contact


Branded Keywords

Branded Keywords adalah kata kunci bermerek adalah frasa penelusuran yang menyertakan nama merek atau istilah bermerek lainnya. Jenis kata kunci ini mungkin hanya menyertakan nama merek atau nama merek bersama dengan jenis produk, nama produk, atau frasa penelusuran deskriptif lainnya.

Contoh Branded Keywords: Sepatu lari NikeNike running shoes


Competitor Keywords

Competitor Keywords adalah kata kunci pesaing adalah jenis kata kunci yang menargetkan nama merek dari bisnis, produk, atau layanan yang bersaing. Ini bermanfaat bagi merek untuk meneliti kata kunci pesaing karena hal itu memberi merek peluang untuk menarik audiens serupa yang berminat, calon pembeli.

Contoh Competitor Keywords: Untuk Nike, kata kunci pesaing bisa jadi sepatu lari Reebok.


Geo-Targeted Keywords

Geo-Targeted Keywords adalah istilah penelusuran yang mengidentifikasi berdasarkan lokasi pencarian. Penelusur yang menggunakan istilah ini mencari hasil yang ada di dekat mereka, atau di area lain yang mereka minati.

Contoh Geo-Targeted KeywordsNike running shoe store



Jenis Kata Kunci berdasarkan panjangnya kata kunci yang digunakan

Cara lain untuk mengevaluasi dan memilih kata kunci adalah dengan panjangnya.

Secara umum ada tiga jenis kata kunci yang dikelompokkan berdasarkan panjangnya:
  1. Short-tail keywords (dikenal juga dengan istilah head, broad, atau generic keywords)
  2. Mid-tail keywords
  3. Long-tail keywords


Panjang kata kunci biasanya berkorelasi dengan search volume, relevansi, click rate, dan juga conversion rate.

Gambar 1: Jenis kata kunci menurut panjangnya


long tail keywords vs short tail keywords



Kredit gambar: SEOPressor


Head Keywords atau Short-Tail Keywords

Head Keywords atau Short-Tail Keywords, juga dikenal sebagai kata kunci umum, adalah istilah penelusuran yang populer dan memiliki volume lalu lintas penelusuran yang sangat tinggi. Istilah-istilah ini biasanya terdiri dari satu atau dua kata, dan sangat kompetitif untuk diperingkat.

Contoh Head Keywords atau Short-Tail Keywords: sepatu lari


Mid-Tail Keywords

Mid-Tail Keywords berada di antara kata kunci kepala, yang memiliki volume lalu lintas tinggi tetapi sangat kompetitif, dan kata kunci ekor panjang, yang memiliki volume lalu lintas kecil tetapi dengan persaingan yang lebih sedikit dan rasio konversi yang lebih tinggi. Istilah ini biasanya terdiri dari dua hingga tiga kata dan sedikit lebih deskriptif daripada short-tail keywords.

Contoh Mid-Tail Keywords: sepatu lari terbaik


Long-Tail Keywords

Long-Tail Keywords adalah istilah pencarian terpanjang dan sangat tertarget untuk topik atau audiens tertentu. Istilah ini biasanya memiliki lalu lintas pencarian yang rendah dan merupakan kata kunci dengan persaingan rendah, yang membuatnya lebih mudah untuk diperingkat. Karena lebih spesifik, mereka umumnya memiliki rasio konversi yang lebih tinggi daripada kata kunci short-tail dan mid-tail.

Contoh Long-Tail Keywords: sepatu lari untuk lutut kanan yang sakit


On-Site Keywords

On-site content keywords adalah jenis kata kunci dalam SEO yang digunakan untuk membuat konten seperti posting blog baru atau landing page. Jenis kata kunci tersebut adalah:
  1. Primary keywords
  2. Related, atau (Latent Semantic Indexing) LSI keywords

Primary Keywords

Primary Keywords adalah istilah utama yang Anda targetkan di halaman web. Setiap halaman konten SEO harus memiliki satu kata kunci utama yang ditetapkan untuk itu. Halaman tersebut harus mengikuti best practice optimasi kata kunci untuk mengirimkan sinyal yang jelas ke mesin pencari dan pembaca bahwa halaman tersebut berisi tentang kata kunci tersebut. Mengikuti best practice ini akan membantu meningkatkan trafik organik dan peringkat Anda untuk konten dan kata kunci tersebut.

Contoh Primary Keywords: sepatu lari wanita


Related Keywords, atau Secondary Keywords, atau LSI Keywords

Related Keywords atau kata kunci LSI (kata kunci semantik laten) adalah istilah atau frasa yang secara semantik, terkait dengan, atau merupakan variasi dari kata kunci utama, atau merupakan sinonim dari kata kunci utama. Mereka digunakan untuk mendukung kata kunci utama dalam sebuah konten. Setiap halaman web harus diberi satu kata kunci utama dan tiga hingga empat kata kunci terkait yang memberikan konteks tambahan ke halaman, yang membantu mesin pencari memahami dan memberi peringkat halaman yang lebih baik.

Contoh Related Keywords:

sepatu lari wanita (primary keywords)

    • ulasan sepatu lari wanita (related keywords)
    • penjualan sepatu lari wanita (related keywords)
    • sepatu lari wanita terbaik (related keywords)



Jenis Kata Kunci yang digunakan untuk optimasi iklan di Google Ads

Ada jenis kata kunci tertentu di Google Ads (dulunya bernama Google AdWords) yang akan Anda gunakan untuk membuat targeted ad campaigns.

Yang termasuk jenis-jenis keywords pada Google Ads adalah:
  1. Broad match keywords
  2. Broad match modifier keywords
  3. Phrase match keywords
  4. Exact match keywords
  5. Negative keywords

Broad Match Keywords

Broad Match Keywords adalah istilah penelusuran yang Anda targetkan di kampanye penelusuran Google Ads. Saat sebuah istilah ditetapkan sebagai kata Broad Match Keywords, hal ini akan memberi tahu Google untuk menampilkan iklan Anda untuk penelusuran apa pun yang merupakan variasi dari kata kunci tersebut. Iklan akan tampil jika seseorang menelusuri frasa yang mirip, tunggal atau jamak, salah eja, bentuk dasar, sinonim, atau variasi terkait lainnya dari istilah pencocokan luas.

Contoh Broad Match Keywords: Iklan untuk Broad Match Keywords sepatu akan tampil selama masih berkaitan dengan keyword yang digunakan, seperti sepatu, sepatu untuk dijual, toko sepatu, atau beli sepatu.

Phrase Match Keywords

Phrase Match Keywords adalah frasa penelusuran khusus yang Anda targetkan di kampanye penelusuran Google Ads. Ketika sebuah istilah ditetapkan sebagai Phrase Match Keywords, ini akan memberitahu Google untuk hanya menampilkan iklan Anda jika permintaan pencarian menyertakan frase yang tepat. Query penelusuran mungkin memiliki kata-kata yang muncul sebelum atau sesudah frasa, tetapi frasa yang tepat harus disertakan dalam penelusuran agar dapat ditampilkan kepada penelusur.

Contoh Phrase Match Keywords: Iklan untuk Phrase Match Keywords sepatu wanita akan tampil selama penelusuran untuk istilah seperti penjualan sepatu wanita, toko sepatu wanita, dan toko sepatu wanita.

Exact Match Keywords

Exact Match Keywords adalah kata kunci spesifik yang Anda targetkan di kampanye penelusuran Google Ads. Ketika istilah ditetapkan sebagai Exact Match Keywords, ini akan memberitahu Google untuk hanya menampilkan iklan Anda jika pencarian sangat erat kaitannya dengan kata kunci pencocokan tepat. Kata-kata yang sesuai dengan kriteria ini adalah salah ejaan, bentuk tunggal atau jamak, bentuk dasar, singkatan, kata yang disusun ulang, parafrasa, atau kata-kata yang berkaitan erat dengan maksud penelusuran yang sama dengan kata kunci pencocokan tepat.

Contoh Exact Match Keywords: Iklan untuk Exact Match Keywords sepatu wanita akan ditampilkan untuk penelusuran istilah seperti sepatu wanita, wanita sepatu, atau sepatu untuk wanita.

Negative Keywords

Negative Keywords adalah frasa atau istilah yang sengaja Anda kecualikan dari kampanye penelusuran di Google Ads. Itu adalah variasi dari kata kunci pencocokan luas, pencocokan frasa, dan pencocokan tepat yang Anda beri tahukan kepada Google untuk berhenti disertakan dalam kampanye Anda. Istilah Google Ad ini ditetapkan sebagai kata kunci negatif karena tidak berkaitan erat dengan teks iklan, konten halaman target, atau penawaran yang terkait dengan iklan. Keduanya mungkin terkait secara semantik, tetapi tidak terhubung dengan konsep iklan.

Negative Keywords mungkin terkait secara semantik, tetapi tidak terhubung dengan konsep iklan, konten halaman target, atau penawaran.

Contoh Negative Keywords: Jika kata kunci pencocokan luas adalah promo sepatu dan iklan hanya relevan untuk sepatu wanitaNegative Keywords dapat berupa sepatu pria, sepatu untuk pria, atau diskon sepatu pria.

Table 1: Rangkuman jenis-jenis keyword match pada Google Ads

Google-Ads-Keyword-match-type-summaries-digital-marketing-jakarta-com
Google Ads keyword match type summaries. Sumber: Google Ads, about keyword matching options

Pada Tabel 1 dapat dilihat dengan lebih jelas perbedaan dari masing-masing jenis keywords yang terdapat pada Google Ads (dulu Google AdWords).


Buyer Keywords

Buyer Keywords adalah istilah yang digunakan pencari ketika calon pembeli potensial melakuan pencarian di Google untuk membeli produk atau layanan tertentu. Jenis kata kunci ini dikategorikan berdasarkan posisi penelusur (pengguna atau users) di sales funnel. Setiap jenis Buyer Keywords mewakili jenis maksud penelusuran atau search intent yang berbeda juga.

Ada tiga jenis kata kunci pembeli:
  1. Informational keywords
  2. Navigational keywords
  3. Transactional keywords

Informational Keywords

Informational Keywords, atau dikenal juga sebagai "know" keywords, adalah istilah yang dicari pengguna ketika mereka ingin menemukan informasi umum tentang suatu topik. Penelusur menggunakan kata kunci informasional saat berada dalam fase awareness yang terdapat pada sales & marketing funnel. Mereka aware bahwa mereka memiliki kebutuhan atau sedang mengalami masalah tertentu. Mereka juga aware bahwa mereka menginginkan solusi, dan mencari cara untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi

Contoh Informational Keywordswhat’s the best running shoe

Navigational Keywords

Navigational Keywords, atau dikenal juga sebagai "go" keywords, adalah istilah yang dicari pengguna saat mereka ingin mengunjungi situs web untuk menemukan merek tertentu. Penelusur sering kali menggunakan kata kunci navigasi saat berada dalam tahap pertimbangan sales funnel. Mereka membandingkan berbagai merek untuk melihat mana yang menawarkan solusi terbaik untuk masalah mereka.

Contoh Navigational Keywords: Sepatu lari Nike

Transactional Keywords

Transactional Keywords, atau kata kunci "do" keywords, adalah istilah yang dicari pengguna ketika mereka siap untuk melakukan pembelian. Penelusur menggunakan Transactional Keywords saat berada dalam fase konversi dalam sales funnel.
Mereka sudah mengetahui:
  • apa yang ingin mereka beli,
  • dan mereka menggunakan kata kunci pembelian yang sangat spesifik untuk membantu mereka menemukan tempat yang tepat untuk melakukan pembelian.
Contoh Transactional Keywords: penawaran terbaik untuk sepatu lari Nike


Temukan Jenis Kata Kunci yang Tepat untuk Marketing Plan Anda

Dengan mengetahui berbagai jenis kata kunci tersebut, semoga dapat membantu Anda membuat marketing plan yang lebih tepat dan strategis. Ketika Anda mengetahui semua pilihan yang tersedia, Anda dapat menemukan kata kunci terbaik untuk membantu Anda terhubung dengan target audience Anda, meningkatkan trafik organik, dan tentunya meningkatkan konversi.

Kami juga menyediakan jasa optimasi Google Ads di Jakarta untuk meningkatkan brand awareness maupun meningkatkan penjualan Anda.




























Tulisan ini diadaptasi dari Alexa.com: 8 Types of Keywords Every Marketer Should Know